Home / Ekonomi & Pembangunan / Pertanian dan Peternakan / Hama Tikus Serang Sawah di Cilincing, Petani Rugi Ratusan Juta

Hama Tikus Serang Sawah di Cilincing, Petani Rugi Ratusan Juta

Rorotan, WP : Puluhan hektare sawah petani di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara diserang hama tikus. Petani pun mengalami gagal panen dan merugi hingga ratusan juta rupiah.

Hama tikus ini rupanya sudah menyerang sawah petani semenjak dua bulan lalu dan merusak 20 hektar lahan sehingga tidak bisa dipanen.

Menurut penuturan Ketua Gabungan Kelompok Petani Rorotan, Abdul Khadir penyebab gagalnya panen dan serangan hama tikus tersebut akibat pola tanam yang tidak serempak karena kurangnya alat untuk menanam padi yakni berupa alat mesin traktor.

“Kami sangat berharap pemerintah dapat memberikan bantuan alat atau mesin traktor untuk menanam padi sehingga hama tikus  bisa di cegah. Setidaknya jika pola tanam dilakukan secara serentak maka hama tikus dapat ditekan.

Dia menambahkan, mereka sudah menyampaikan hal tersebut kepada pemerintah. Upaya lainnya juga telah dilakukan oleh petani untuk mengusir hama tikus yakni dengan cara pengoropokan serta pengasapan.

“Kami kewalahan untuk mengatasi hal itu dan kini petani merugi akibat hama tikusnya sangat banyak,”tambah Abdul.

Saat ini lanjut Abdul, sisa lahan pertanian di Jakarta Utara kini tinggal 460 hektar lahan pertanian di Kelurahan Rorotan dan 40 hektar lahan pertanian di Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Jumadi (43), salah seorang petani yang mengaku rugi akibat hama tikus.

“Satu hektar sawah yang terkena hama tikus saya rugi bisa Rp 15 juta. Kalau sawah gagal panen, saya terpaksa harus bekerja serabutan guna menyambung hidup anak istri saya,” ucap Jumadi.

Check Also

Tahun  Depan Warga Rorotan Bakal Miliki GOR

Rorotan, Wp: Warga Rorotan dan sekitarnya bakal memiliki sarana olahraga (GOR) yang dibangun dengan biaya …

Hari Rabies Sedunia Jakut Pasang 100 Microchip Pada Anjing

Sunter Agung, Wp: Memperingati Hari Rabies Sedunia 2018, Pemerintah Kota Jakarta Utara mengadakan vaksinasi rabies …

Lingkungan Gang Bulak Kelurahan Rorotan Dihias Jadi Berwarna warni

Rorotan, Wp: Kesadaran warga tercermin dengan adanya rasa gotong royong dengan menghias lingkungan menjadi indah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.