Home / Berita Utama / Pembuatan Naskah Dinas Elektronik Mulai Diterapkan Di Pemerintah Kota Jakarta Utara
Staf dari Bagian Kesra sedang mengecek Surat Elektronik Naskah Dinas dari Bagian Umum Setko Jakarta Utara

Pembuatan Naskah Dinas Elektronik Mulai Diterapkan Di Pemerintah Kota Jakarta Utara

Tanjung Priok, Wp: Pembuatan naskah dinas sistem manual dilakukan setiap harinya berdasarkan realitasnya memerlukan waktu yang lebih lama dari Peraturan Gubernur sendiri yang mengatur hanya 3 hari, kata Kepala Bagian Umum Setko Jakarta Utara, Dedi Sumadi, dikantornya, Rabu,(1/8).

Dedi menambahkan, salah satu penyebab pembuatan naskah dinas itu terkadang lebih lama disebabkan karena pejabat pemaraf serta karena kesibukannya tidak di meja kerjanya saat dibutuhkan, sehingga proses pemaraf serta tidak segera ditangani oleh pemaraf serta itu sendiri, katanya.

Atas dasar tersebut, Kepala Bagian Umum dan Protokol Setko Jakarta Utara yang salah satu tupoksinya yakni ketatausahaan, membuat inovasi melalui proyek perubahan pada saat mengikuti Pendidikan dan Latihan Pimpinan( diklatpim) III tahun 2018.

Dedi sendiri memilih proyek perubahan (proper) mengenai sistem aplikasi pengelolaan naskah dinas (E-nadin) yang terintegrasi di Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Utara.

E- nadin (Elektronik- Naskah Dinas) ini sebagai penunjang untuk m eningkatkan efesiensi dan efektivitas pengelolaan ke Tata Usaha-an khususnya pembuatan naskah dinas yang terintegrasi di lingkungan Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Utara, tambahnya.

Dengan adanya E- nadin pekerjaan bisa lebih cepat dari sistem manual, yakni dari tiga hari bahkan lebih menjadi 2 hari, dan ini sangat efisiensi waktu, efesiensi material seperti kertas, tinta dan lainnya, tenaga. Sistem ini langsung dilakukan melalui online, baik di web maupun melali HP/ gatget, sehingga bisa dilakukan dimana saja, katanya.

Dedi menambahkan, pembuatan sistem aplikasi ini tujuan jangka pendek diterapkan di lingkungan Sekretariat Kota Jakarta Utara selama dua bulan dengan sasarannya terbangunnya aplikasi sistem E-Nadin.

Untuk jangka menengah direncanakan dilingkungan Kota Administrasi Jakarta Utara dan untuk jangka panjang bisa dilakukan di tingkat provinsi, tetapi dalam hal ini menuggu payung hukumnya, kata Dedi Sumadi.

Hal ini mengacu pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan Birokrasi nomor 6 tahun 2011 tentang Naskah Dinas Elektronik dilingkungan Instansi Pemerintahan, pungkasnya.

Check Also

Ribuan Warga Di 31 Kelurahan Gelar Kegiatan Clean Up Jakarta Day

Koja, Wp: Ribuan petugas gabungan bersama masyarakat di 31 kelurahan se Jakarta Utara menggelar kegiatan …

Kwarcab Pramuka Jakarta Utara Selenggarakan K3

Koja, Wp: Untuk meningkatkan ketrampilan para pelatih Pramuka di Gugus Depan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka …

Majelis Taklim Jakarta Utara Dibekali Wawasan Dan Manajemen Usaha

Sebanyak seratus pengurus majelis taklim se Jakarta Utara dibekali wawasan dan pembinaan seputar manajemen, ketahanan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.