Home / Kesra / PKK Punya Peran Dalam Membantu Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Anggota PKK sedag menerima penjelasan tentang KDRT

PKK Punya Peran Dalam Membantu Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Suter, Wp: Suku Dinas (Sudin) Pemberdayan Perlindungan Anak , Pengendalian Penduduk (PPAPP) bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Utara, menggelar penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, dalam rangka pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di kantor Sudin PPAPP Jalan Danau Sunter Utara, Kelurahan Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok, Kamis (19/4).

Kepala Seksi (Kasi) Pelindungan Tumbuh Kembang Anak, Hernalom Gultom, mengatakan, kader PKK adalah kader masyarakat, mitra strategis pemerintah, yang tahu, mau, mampu mengenali dan membantu serta merujuk korban kekerasan terhadap perempuan (KtP), kata Hernalom.

“Kader PKK harus mengerti kekerasan terhadap perempuan, mampu mengenali korban serta melakukan pertolongan sesuai fungsi dan peran serta melakukan kordinasi upaya pencegahan, penatalaksanaan, serta mampu merujuk,” tambah Hernalom.

Ditambahkan, tujuan perlindungan yaitu melindungi hak asasi perempuan sehingga dapat berpartisifasi dalam pembangunan nasional yang berkeadilan, demokratis serta menurunkan KtP baik di lingkungan rumah tangga, maupun ruang pulik, tandasnya.

Kepala Unit (Kanit) Perlindungam Perempuan dan Anak (PPA) Polres Metro Jakarta Utara, AKP Krismastuti SH, mengatakan, ketentuan pidana menurut Undang Undang (UU) RI no.23/2004 tentang Pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) terdiri dari kekerasan fisik yaitu setiap orang yang melakukan perbuatan kekerasan dalam lingkungan rumah tangga dalam pasal 5 a dipidana penjara selama lima tahun, atau denda sebesar Rp 15.000 000,- (lima belas juta rupiah).

Sedangkan, perbuatan kekerasan psikis, pasal 45 UU RI no. 23 tahun 2004, setiap orang yang melakukan kekerasan dalam lingkup rumah tangga dimaksud dalam pasal 6 hurup b dipidana, paling lama tiga tahun, denda sebanyak Rp 9 000 000,- (sembilan juta rupiah)

Oleh sebab itu Peran PKK diharapkan mamu memberikan warna , motivasi dan pemahaman terhadap ibu – ibu , karena Anggota PKK lah yang bisa dibilang dekat dengan mereka, katanya.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, dapat menambah wawasan terta peran serta PKK dalam membantu pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, tandasnya.(Jk/*)



This post has been seen 910 times.
(Visited 20 times, 1 visits today)

Check Also

Pembangunan ITF Sunter Berdampak Penghematan Operasional Sampah

Sunter Agung, Wp : Pencanangan pembangunan fasilitas pengelohan sampah dalam kota intermediate Treatment Fasiliti (ITF) …

Walikota Jakut Gelorakan Jum’at Bersedekah Pada Jajarannya

Tanjung Priok, Wp : Pemerintah kota (Pemkot) Jakarta Utara melalui Badan Amil Zakat Infaq dan …

Pencanangan KB Kes dan Bulan Bakti Gotong Royong Di Jakut

Sunter Agung, Wp : Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan dan Bulan Bakti Gotong …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.