Home / Berita Utama / Wawang Sampurna Kembangkan Lele Sangkuriang Si Pitung Bisa Kuliahkan Anaknya
Awang dan keluarga

Wawang Sampurna Kembangkan Lele Sangkuriang Si Pitung Bisa Kuliahkan Anaknya

Koja,Wp: Tak ada orang yang tahu kalau masa depan seseorang karena usahanya bisa berhasil, meski belum maksimal, namun selalu disyukuri, apa yang telah didapat, kata Wawang Sampurna (41) salah seorang kelahiran Betawi 41 tahun silam, dia boleh dikatakan berhasil dalam budidaya ikan Lele Sangkuriang Si Pitung di Jakarta Utara.

Atas ketekunan, keuletan dan kesungguhan serta kesabaran Awang (panggilan akrapnya) dalam mengembangkan budidaya lele Sangkuring Si Pitung sejak tahun 2013 lalu, kini mulai membuahkan hasil dan sudah banyak yang bisa ikut mengembangkan seperti dirinya, kata Awang.

Awalnya, Awang ikut dalam program pemerintah yang digelontorkan di kelurahan Tugu Selatan Kecamatan Koja jakarta Utara yakni Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan(PNPM MPK) tahun 2013 lalu di wilayah RW 04 kelurahan Tugu Selatan dimana ia tinggal .

“Saya juga menyampaikan terima kasihnya karena setiap Walikota, Camat atau Lurah yang bau menjabat di Jakarta Utara selalu datang dan mensuport agar terus dikembangkan, dan belum lama ini Walikota Husein Murad mengunjungi budidaya ikan lele Sangkuriang Si Pitung, dan menjanjikan akan membantu mendorong pemberdayaannya,”tutur Awang.

Dan dari situlah Support para pimpinan wilayah memompa semangat Awang menekuni hingga sekarang, meski ada pasang surutnya dari waktu ke waktu, Awang tak putus mensosialisasikan dan mengenalkan bagaimana cara budidaya ikan lele Sangkuriang Si Pitung bisa menjadi penopang kehidupan.

Bersyukur hingga sekarang sudah ada beberapa kelurahan di Jakarta Utara ikut mengembangkan budidaya ikan lele Sangkuriang Si Pitung, bahkan sudah hijrah keluar kota seperti daerah Bekasi, tutur Awang.

“Sampai saat sudah melibatkan 20 orang lebih di lingkungannya yang menekuni budidaya lele, bahkan kalau seluruhnya dari beberapa lokasi pengembanggan budidaya lele dengan mitra binaanya lebih dari 50 orang,” ini salah satu kebanggaan Awang katanya, bisa membantu memberikan ilmu yang didapat dan bisa menopang keuangan keluarga, baik untuk diri sendiri maupun binaannya.

Wawang Sampurna kini boleh berlega hati, meski terus berupaya mengembangkan ilmu budidaya ikan lele kepada orang lain, juga tak lupa untuk diri sendiri agar bisa membahagiakan keluarga.

Dan ini terbukti, sejak Awang menyunting gadis Majalengka Jawa Barat dan menikah tahun 1997 lalu, kini telah dikaruniai dua anak, yang pertama dikaruniai putri sudah di bangku kuliah dan yang ke dua putra di Pondok Pantren setingkat kelas 2 SMP.

Mudah – mudahan anak – anak bisa berhasil dan ada yang bisa ikut meneruskan kegiatan orang tua yakni mengembangkan budidaya ikan Lele Sangkuriang Si Pitung yang sebih moderen, sehingga nantinya ada kebanggaan terendiri dan lebih bermanfaat bagi lingkungan dan keluarga serta negara, pungkas Awang.(Sudarso/*)

Check Also

FKUB Jakut Akan Gelar Doa Bersama Dukung Asian Games

Tanjung Priok, Wp: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Administrasi Jakarta Utara akan menggelar halal …

Pembuatan Naskah Dinas Elektronik Mulai Diterapkan Di Pemerintah Kota Jakarta Utara

Tanjung Priok, Wp: Pembuatan naskah dinas sistem manual dilakukan setiap harinya berdasarkan realitasnya memerlukan waktu …

Kawasan Galangan VOC Di Percantik Sambut Asian Games

Penjaringan, WP : Gubernur DKI Jakarta menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Propan Raya tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.