BBPSDMP Kominfo Medan di Bateng Berikan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy dan Thematic

oleh -849 Dilihat
banner 728x90
WARTAPUBLIK.COM, KOBA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) bersinergi menggelar program Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dan Thematic Academy (TA) dengan sasaran wilayah Kabupaten Bangka Tengah.

Pembukaan acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kabupaten Bangka Tengah, Senin (20/05/2024), dan menggaet beberapa OPD di Pemkab Bateng, seperti Diskominfosta, Dinas Pendidikan, Disperindagkop-UKM, DPMPTK, BKPSDMD, serta SMAN 1 Koba.

Perdana digelar di Bangka Tengah dan Provinsi Babel, kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini, yakni 20-21 Mei 2024, dengan program utama Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang ditujukan bagi pelaku usaha UMKM/UKM serta masyarakat yang belum atau berniat memulai usaha, dengan tema kegiatan mengenai ‘Pemasaran Digital Dasar’. Sementara itu program Thematic Academy (TA) bertujuan untuk menyiapkan talenta digital yang dapat mendorong pengembangan UMKM. Bagaimanapun, transformasi UMKM dalam pemanfaatan digitalisasi dianggap penting untuk mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan inklusif.

banner 336x280 banner 468x60

Mewakili Bupati, hadir Ali Imron selaku Asisten Administrasi Umum Setdakab Bangka Tengah. Dirinya mengapresiasi pihak BBPSDMP Kominfo Medan serta para narasumber dan instruktur yang telah bersedia bekerja sama menggelar kegiatan pelatihan ini.

Ditemui seusai acara pembuka, Ali Imron mengakui pentingnya perihal pemasaran digital ini.

“Sekarang era digital, jika tidak kita ikuti maka kita akan tertinggal. Tidak dipungkiri, pelaku UMKM di Bateng ini masih kurang dalam hal pemasaran digital. Dari pelatihan seperti inilah akan meningkatkan kapasitas SDM mengenai keterampilan pemasaran digital,” terangnya.

Menanggapi gejolak industri yang berdampak pada pemutusan hubungan kerja di wilayah Bangka Tengah, Ali mengatakan bahwa kewirausahaan adalah kuncinya.

Baca lagi :  Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bangka Sampaikan RPJPD  periode 2025-2045

“Keterampilan dan pelatihan seperti ini dapat menjadi solusi sehingga kemampuan SDM dapat meningkat dan tidak bergantung pada satu sektor saja. Hal ini yang akan terus kita gali dan kembangkan,” lanjut Ali.

Ia juga mengharapkan para pelaku UMKM Bangka Tengah dapat terus berbenah di era digital ini.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan para pegiat UMKM dapat memproduksi produk yang bermutu yang tidak kalah kelasnya dan dapat melakukan pemasaran digitalnya melalui konten-konten yang menarik sehingga dapat menarik minat pasar yang lebih luas lagi,” pungkasnya.

Kepala Bagian Umum BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal, mengatakan ada empat tema pelatihan Thematic Academy yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Pelatihan Thematic Academy ini ditujukan untuk komunitas dan disesuaikan dengan tema digital yang dibutuhkan. Pelatihan Basic Cyber Security untuk SMA, Pengenalan Coding untuk SD, dan Video Content Creator akan berlangsung selama dua hari. Sementara Desain Grafis untuk Guru dan Tenaga Pendidik akan berlangsung selama tiga hari, dan tempat pelaksanaan keempat pelatihan tersebut akan dilaksanakan di SMAN 1 Koba,” ujar Yusrizal.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 120 peserta untuk DEA dan 120 peserta untuk TA. Pelatihan sepenuhnya ditanggung oleh DIPA BBPSDMP Kominfo Medan tahun 2024 dengan dukungan fasilitas pelatihan dari mitra Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dengan mengambil lokasi kegiatan pelatihan di beberapa tempat, antara lain Ruangan VIP Bangka Tengah, Gedung DPMPTK, Gedung Diklat Bateng, dan SMAN 1 Koba. *

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.