Home / Profil / Organisasi / Ada AJIB, Pelayanan Perijinan Semakin Mudah

Ada AJIB, Pelayanan Perijinan Semakin Mudah

Kebon Bawang, WP : Seorang pria muda, yang sangat energik terlihat memasuki ruangan Kepala Kantor PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Administrasi Jakarta Utara, yang berada di kompleks kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (28/04/16).

Pria tersebut diketahui bernama Abdul yang merupakan Koordinator AJIB Jakarta Utara. Abdul datang untuk memenuhi panggilan Kepala PTSP Jakarta Utara,Suryono, untuk memberikan laporan langsung terkait kendala yang dihadapi personil AJIB di lapangan.

Tanpa menunggu lama, Abdul langsung memberikan keterangan kepada wartawan wartapublik.com. “Iya mas, bermacam kendala yang kami temui dilapangan. Awalnya memang ada yang meragukan tapi setelah diberi penjelasan. masyarakat rata-rata sangat senang dengan pelayanan AJIB” jelas Abdul.

Abdul menuturkan, untuk wilayah Jakarta utara hingga saat ini ada 16 personil AJIB. Dua personel di tiap kecamatan ditambah dengan PTSP Jakarta Utara. Hal tersebut, masih dirasa kurang. “Memang terasa kurang orangnya mas” caritanya diiringi tawa.

Dia mengakui, soal AJIB ini,tanggapan masyarakat memang beragam. Bahkan menurutnya ada juga yang meminta diuruskan meski persyaratannya tidak lengkap. “Ada juga yang minta diuruskan melalui jalan pintas. Tapi kita jawab bahwa semua sudah ada prosedurnya. Setelah diberi penjelasan. Akhirnya masyarakat mengerti” kata Abdul.

Seperti diketahui, Layanan AJIB ini merupakan singkatan dari Antar Jemput Izin Bermotor. Layanan ini merupakan terobosan dari Badan PTSP DKI Jakarta. Layananini diluncurkan pada awal tahun 2016 lalu. Kepala PTSP Jakarta Utara, Suryono mengatakan layanan AJIB salah satu wujud dari inovasi percepatan dan kemudahan layanan perizinan bagi warga DKI Jakarta.

“Ada 88 orang (personil-red) AJIB yang siap melayani layanan AJIB warga Jakarta. Ini juga sesuai amanat presiden agar peringkat doing business DKI Jakarta naik dari 107 bisa masuk lima puluh besar,” ungkap Suryono.

Masuk peringkat 50 besar tersebut, menurut Suryono merupakan target kami. “Tapi tidak hanya sekedar target. Karena layanan terus ditingkatkan. Melalui AJIB, ada ODS (One Day Service) tapi kalau ini, yang mengurus harus langsung Direktur atau Wakilnya. Tentu semua kelengkapan persyaratan harus terpenuhi” terangya di ruangannya di kantor PTSP Jakarta Utara.

Setiap Personel AJIB, tambah Suryono, melayani sekitar 5 berkas per satu orang AJIB. Personil AJIB bahkan dilengkapi dengan rekaman untuk memastikan AJIB bekerja sesuai standar. Dan langsung tersistem dari Badan PTSP DKI Jakarta, melalui aplikasi android.

“Warga silahkan mengecek persyaratan berkas melalui website www.pelayanan.jakarta.go.id setelah itu bisa menghubungi call centre AJIB dinomor 1500164. Dari situ AJIB akan mengantar jemput berkas izin langsung ke alamat warga”. jelas Suryono.

Selain itu juga Personil AJIB juga dilengkapi dengan ID Card dengan seragam yang mudah dikenali khas personil AJIB. Layanan AJIB ini, menurut Suryono bisa menjadi layanan efektif dan efisien bagiwarga Jakarta. “Layanan AJIB dapat memberikan pelayanan dan kemudahan bagi warga.

Dia mencontohkan, pedagang tetap bisa berdagang, sementara petugas AJIB bisa menguruskan perizinannya. Ini juga bisa meminimalisir praktek percaloan. Dengan adanya layanan AJIB ini, warga tak perlu repot datang ke kantor PTSP. Apalagi Jakarta kan macet mas” imbuhnya.

Meski diakui Suryono sosialisasi Layanan AJIB memang belum maksimal, namun layanan AJIB sudah memberikan kemudahan bagi warga dalam mengurus perizinan. “Dan yang pasti layanan AJIB dapat dinikmati secara gratis tanpa biaya tambahan,” pungkasnya.

Check Also

Walikota Jakut : “Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Fenomena Lingkungan”

Tanjung priok, Wp: Dilaksanakannya  Diskusi Publik  merupakan aktualisasi dari hasil kunjungan di tingkat basis Pemuda …

Ada PTSP Kecamatan Kelapa Gading di HBKB

Kelapa Gading, WP : Setiap bulan, di pekan ke-3, Pemerintah Kota Jakarta Utara, menggelar acara …

Ramadan, Layanan Akhir Pekan BPN Jakarta Utara Tetap Berjalan

Tanjung Priok, WP : Meski bulan Ramadhan,layanan  “Weekend Service” Kantor Badan Pertanahan (BPN) Jakarta Utara, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.