Home / Pemerintahan / Sekko Imbau Camat dan Lurah Bantu Petugas Sensus Ekonomi

Sekko Imbau Camat dan Lurah Bantu Petugas Sensus Ekonomi

Tanjung Priok, WP : Bulan Mei 2016 mendatang, Sensus Ekonomi akan dilaksanakan. Oleh karena itu Badan Pusat Statistik DKI Jakarta terus melakukan sosialisasi kepada suluruh stakeholder yang ada Jakarta.

Khusus untuk wilayah Jakarta Utara, BPS menggelar sosialisasi di lantai 2 Kantor Walikota Jakarta Utara pada Senin (18/4). Acara ini dihadiri 130 sekitar 130 peserta dari berbagai instansi se Jakarta Utara. Mulai dari lurah, PNS, dan unsur masyarakat

Acara sosialisasi dibuka oleh Sekertaris Kota Jakarta Utara Ahmad Ya’la.

Sekertaris Kota menyampaikan bahwa pihaknya berharap agar sensus ekonomi yang gelar selama bulan Mei 2016 bisa melibatkan dan menjaring seluruh domain dan aspek yang memang seharusnya terdata oleh petugas di lapangan.

“Agar dapat menjadi data yang komplit, saya berharapdan mengimbau agar seluruh Camat dan Lurah di Jakarta Utara memberikan bantuan kepada  petugas agar data yang diperoleh benar-benar sesuai dengan keadaan sebenarnya,” urai Sekko.

Menurut Ahmad Ya’la sensus ekonomi yang dilakukan dalam kurun waktuu sebulan tersebut bisa mengumpulkan data yang komprehensif.

“Data yang dihasilkan merupakan data komprehensif baik formal maupun informal. Karena hasil sensus menjadi data krusial untuk dipakai dalam kebijakan pemerintah pusat pada umumnya dan Jakarta Utara khususnya,” sambungnya.

Dalam acara sosialisasi ini, hadir sebagai pembicara antara lain anggota DPR RI dari komisi XI yang membidangi perencanaan pembangunan H. Ahmad Sahroni SE., Dr Syekh Suhaimi SE. MSI/,  Kepala BPS DKI Jakarta serta Zainun Lumbangaol Kepala BPS Jakarta Utara.

Seperti diketahui, Sensus Ekonomi tahun 2016 akan bermanfaat untuk menyediakan informasi untuk pengembangan usaha dan daya  saing bangsa. Dengan tujuan mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi (kecuali pertanian), mulai dari skala mikro, kecil dan menengah hingga skala besar.

Hasil sensus ekonomi juga berguna untuk penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Tujuan khusus Sensus Eknomi diantaranya sebagai basis data strategis untuk membangun perekonomian Indonesia berbasis Nawacita, memberi gambaran lengkap level dan struktur ekonomi dan memperoleh informasi dasar semua sektor ekonomi.

Tak hanya itu, Sensus ini juga untuk mengetahui karakteristik usaha di Indonesia yang berguna untuk mengidentifikasi daya saing bisnis di Indonesia dalam upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Check Also

Tiga Pilar Dan Warga Jakut Lakukan Monitoring Tempat Ibadah Dan Tempat Keramaian

Tanjung Priok, Wp: Untuk memberikan rasa aman kepada warga yang akan / sedang melakukan ibadah, …

Walikota Jakut, “Pembangunan Musholla Kampung Aquarium Selesai Tiga Minggu”

Penjaringan, WP : pemerintah kota (Pemkot) Jakarta Utara, melalui Badan Amil Zakat Infaq dan Sodaqoh …

Ahmad Rodi Terpilih Sebagai Ketua Forum LMK Jakarta Utara.

Tanjung Priok, WP : Forum Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) se Jakarta Utara menggelar pemilihan ketua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.