Home / Berita Utama / Suku Dinas Lingkungan Hidup Respon Aduan Masyarakat

Suku Dinas Lingkungan Hidup Respon Aduan Masyarakat

Sunter, Wp: Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara  turun ke lapangan merespon pengaduan masyarakat dengan melakukan verifikasi di Jalan Danau Sumer Utara, Ruko Blok M RW 015. Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (04/10/2018).

Tim ferifikasi pengaduan masyarakat dipimpin oleh Suparman, Kasubid Pengawasan Dan Pencemaran Lingkungan Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara. Dia mengatakan “selaku petugas dilapangan pihaknya melakukan pemeriksaan perizinan operational. Perusahaan telah terdaftar hingga 2022, namun sayangnya sampai saat ini belum memiliki dokumen izin Lingkungan,” tuturnya.

Suparman mengatakan, “pelaksanaan verifikasi lapangan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat terhadap rumah makan yang melakukan pencemaran dan meresahkan warga, sehingga kami secepatnya turun untuk menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut-larut.”

Dikatakan, dengan tidak adanya izin lingkungan itu, Suparman mengatakan, timnya langsung memeriksa seluruh saluran pembuangan di lingkungan. “Baik saluran pembuangan udara juga pembuangan air,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan lapangan, lanjut Suparman, pihaknya menemukan apa yang dikeluhkan masyarakat selama ini. “Saluran udaranya tidak berfungsi dengan baik. Untuk saluran airnya meninggalkan limbah lemak yang mengeras di saluran air seperti yang dikeluhkan warga,” katanya.

Selain saluran pembuangan yang perlu dibenahi, petugas juga belum menemukan pengendalian pencemaran limbahnya padat/sampah yang baik dan juga melakukan pencemaran limbahnya B3 di sekitar rumah makan dengan ditemukannya pecahan lampu neon (TL) yang berserakan, ada juga tumpahan oli genset, terang Suparman.

Sedangkan hasil peninjauan lapangan nantinya akan dibuatkan laporan untuk disampaikan pimpinan dan tentunya akan dibahas dengan instansi terkait, agar permasalahan tersebut secepatnya dilakukan penanganan lanjutan, terangnya.

Masyarakat diharapkan kalau mau membuka usaha supaya mengurus izinnya yang lengkap. Sehingga di kemudian hari tidak dikeluhkan warga sekitar karena pelanggarannya, sehingga dalam menjalankan usahanya akan lebih nyaman, tandasnya.

Check Also

PKK Jakut Panen 600 Ikat Sayuran Pakcoy

Kebon Bawang, Wp: Sebanyak 600 ikat sayuran pakcoy yang ditanam jajaran PKK Jakarta Utara di …

Walikota Tinjau Kebakaran Kampung Bandan, Ratusan Warga Kehilanga Tempat Tinggal

Ancol, Wp: Suasana Ramadhan ini membuat warga Kampung Bandan RW 05, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta …

Beroperasi Bulan Ramadhan Karaoke di Penjaringan Disegel

Pejagalan, Wp: Tim Penertib Pemerintah Kota Jakarta Utara, kecamatan Penjaringan dan kelurahan Pejagalan menutup sebuah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.