Home / Berita Utama / Walikota Jakut Buka Pelatihan Jurnalistik Bela Negara
Suasana Pelatihan Jurnalistik Bela Negara di Rusun Marunda

Walikota Jakut Buka Pelatihan Jurnalistik Bela Negara

Marunda,Wp: Di era digitalisasi warga diharapkan bisa menyikapi berbagai informasi beragam yang cukup deras dan sangat cepat, dengan pelatihan ini warga diharapkan mampu membedakan mana yang hoax atau tidak, Kata Walikota Jakarta Utara yang diwakili oleh Purnomo, Camat Cilincing saat membuka kegiatan pelatihan jurnalistik bela negara yang diselenggarakan oleh Fosil Pers bersama Pengelola Rusun Marunda, Sabtu (5/1/2019) di Balai Pertemuan Blok B1 Rusun Marunda.

Walikota mengatakan, “pelatihan ini merupakan pengalaman dan wahana belajar bagi warga Rusunawa Marunda supaya bisa berinteraksi sosial dengan baik melalui media sosial dan bisa menyikapi berita hoax, oleh karena itu jangan sampai gara – gara hoax bisa berurusan dengan hukum.”

Selain itu diharapkan masyarakat bisa berperanserta dalam kegiatan pembangunan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah atau mayarakat sendiri, yang tak kalah pentingnya ikut menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan masing – masing sehingga aka tercipta lingkungan yang harmonis, katanya.

Walikota mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Fosli Pers dimana telah ikut berperanserta membangun potensi masyarakat melalui informasi, sehingga masyarakat tidak cepat menerima begitu saja informasi yang didapat baik memalui media sosial maupun dari sebelah, pungkasnya.

Ketua Forum Silaturahmi Pers (Fosil Pers),Rico Aprillia mengatakan, kegiatan ini merupakan yang pertama kali setelah organisasi ini berdiri dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI, mudah – mudahan  kami bisa memberikan sumbangsih yang terbaik untuk bangsa dan negara, katanya.

“Kami akan terus memberikan pelatihan jurnalistik bela negara kepada seluruh lapisan masyarakat dan akan menggandeng pemerintah setempat dimana diselenggarakan kegiatan tersebut serta stake holder untuk bersama sama ikut mencerdaskan bangsa melalui kegiatan yang dilakukan seperti hari ini,” tambah Rico.

Untuk yang pertama kali pelatihan Jurnalistik Bela Negara diikuti oleh seratus peserta, peserta akan diberikan pembekalan seputar teknik dasar penulisan berita dan wawasan bela negara selama satu hari. Sejumlah narasumber yang kompeten dibidangnya sepeti dari Pejabat Kantor Walikota, Kodim 0502, Polres, BNN Jakarta Utara serta dari stake holder lainnya.

Dikatakan, “misi dalam pelatihan ini adalah mewujudkan jurnalis bela negara tanpa hoak dan bertanggung jawab. Para peserta diberikan pemahaman bagaimana menulis berita dengan benar dan handal ditambah dengan wawasan bela negara,” jelas Rico Aprillia, Ketua Umum Fosil Pers.

Dalam pelatihan jurnalistik bela negara ini diawali dengan upacara kemudian menyanyikan lagu Indonesia, pembacaan Panca Sila dan sebagai penutup acara pelatihan diakhiri dengan upacara penutupan di ruang belajar, ini salah satu dalam rangka membentuk karakter disiplin peserta, papar Rico.

Sakarang ini cukup deras informasi khususnya di media sosial dan tidak sedikit informasi atau berita yang tidak sesuai dengan fakta atau hoax. Untuk mengantisipasi hal tersebut Fosil Pers akan ikut membantu masyarakat bagaimana menyikapi isu hoax tersebut, termasuk ikut serta memerangi terhadap peredaran narkoba yang akhir – akhir ini sudah sangat menghawatirkan,

Rico menyanpaikan termakasih atas terselenggaranya pelatihan jurnaistik bela negara dengan baik  kepada Pemkota jakarta Utara, Komandan Kodim 0502, Kapolres Merto, BNN, Camat Cilincing, Pengelola Rusun Marunda, Mandiri Tunas Finance, Fifgroup serta seluruh potensi yang telah ikut mensukseskan acara ini, pungkas Rico.

 

Check Also

Pengurus PPI Jakarta Utara Periode 2018-2023 Dilantik

Tanjung Priok, Wp: Pengurus Purna Paskibra Indonesia (PPI) Jakarta Utara Periode 2018-2023, dilantik oleh Asisten …

Pemkot Jakut Giatkan Senibudaya Lokal Filter Budaya Asing

Koja, Wp: Agar anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa yang mengenal dan cinta warisan seni …

Merinding, Rehab Mushollah dari Hasil Kumpulkan Sampah

Lagoa, Wp: Mendengar rehab mushollah dengan hasil kumpulkan sampah, orang umumnya akan merinding tak percaya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.