Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan PAW serta Penyampaian Hasil Reses di Gelar Oleh DPRD Bangka

oleh -1173 Dilihat
banner 728x90

WARTAPUBLIK.COM, Bangka  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten  Bangka (DPRD Bangka) menggelar rapat paripurna Istimewa dan pelantikan PAW serta penyampaian hasil Reses, Rabu (31/01/24).

Rapat dipimpin langsung oleh ketua DPRD Iskandar,S.IP dan dihadiri oleh Pj.Bupati Bangka Muhammad Haris. AR, AP, MM, Wakil Ketua I M.Taufk Koriyanto, SH,MH, Wakil Ketua II Rendra Basri,B.Sc, FORKOPIMDA, Kepala Dinas,kantor, Camat, Lurah, Darma Wanita dan Insan Pers.

banner 336x280 banner 468x60

Dalam sambutannya Iskandar menyatakan, Penyelenggaraan Rapat Paripurna Istimewa Ini merupakan Tindak Lanjut Dari Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor :

188.44/23/I/2024 tentang Peresmian Pemberhentian Dan Pengangkatan Penggantian Antar Waktu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Sisa Masa Jabatan Tahun 2019- 2024 .

“Dengan Ini diresmikan Pemberhentian Dengan hormat Saudara Apt. Magrizan, S.Si, dari Kedudukannya sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Masa Jabatan 2019-2024 terhitung mulai tanggal 03 Nopember 2023.” ujarnya.

Disampaikan Iskandar pengangkatan Penggantian Antar Waktu  ( PAW) Mercy Yudha Maulidham sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka sisa Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024.

Selanjutnya agenda berikutnya adalah Persetujuan terhadap Raperda Inisiatif DPRD, Ada 2 (Dua) Raperda Inisiatif DPRD, yaitu:

1. Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Tentang Pengelolaan Sumber Daya Ikan di Perairan Darat Kabupaten Bangka

2.Rancangan Peraturan Daerah Tentang Penyelesaian Sengketa Tanah Garapan.

Salah Satu sumber daya strategis Indonesia dan harus dijaga kelestariannya adalah Sumber Daya Ikan di perairan darat. Potensi Sumber Daya Ikan di perairan darat juga sangat besar dan beragam,

“Selain itu , perairan darat merupakan Sumber Daya Alam yang memiliki potensi dan peran strategis bagi masyarakat secara ekonomi, sosial, budaya dan ekologis, sehingga perlu dikelola untuk menjaga melindungi populasi, kelestarian sumber Daya Ikan serta kualitas lingkungan,” kata Iskandar.

Baca lagi :  Pemkab Bateng Terima Penghargaan dari Kemenkumham RI atas Kepatuhan Keharmonisan Raperda dan Raperkada 

Terkait keberadaan Raperda Inisiatif dari DPRD Kabupaten Bangka, yakni penyelesaian sengketa tanah garapan dilatarbelakangi oleh banyaknya Sengketa Tanah yang terjadi di Wilayah Kabupaten Bangka antara individu dengan individu, dengan Korporasi individu dengan Pemerintah.

Lebih lanjut di katakan Iskandar agenda terakhir dalam Rapat Paripurna hari ini yaitu Penyampaian Laporan Hasil Kegiatan Reses Anggota DPRD Kabupaten Bangka yang telah dilaksanakan di daerah Pemilihan masing-masing pada Tanggal 1 – 2 Desember 2023 yang lalu.

Dengan tujuan untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada Konstituen di Daerah Pemilihan sebagai perwujudan Perwakilan Rakyat dalam pemerintahan.

“Mengingat besarnya harapan masyarakat kepada kami selaku Perwakilan Rakyat, maka besar pula harapan kami (DPRD) kepada Pemerintah Kabupaten Bangka untuk dapat bersinergi dalam merealisasikan Aspirasi masyarakat tersebut dengan tetap memperhatikan Skala Prioritas program dan manfaatnya dalam kegiatan/proyek yang di biayai Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kabupaten Bangka,” katanya.

Sementara Pj.Bupati Bangka Muhammad Haris. AR, AP, MM, mengawali sambutannya mengucapkan selamat kepada saudara Mercy Yudha Maulidham atas dilantiknya sebagai Penggantian Antar Waktu (PAW ) Anggota DPRD Kabupaten Bangka sisa masa jabatan Tahun 20192024 dari Partai Hati Nurani Rakyat yang baru saja diresmikan.

“Dengan harapan semoga ke depan kita dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama-sama dalam memberikan sumbangan pemikiran, jiwa, dan raga untuk pembangunan dan Kemajuan Kabupaten Bangka yang Kita Cintai Ini, serta dapat berkerja dengan sebaik-baiknya sebagai wakil rakyat dalam menyampaikan Aspirasinya,” katanya.

Selanjutnya Kepada saudara Magrizan, S.Si, Apt, kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi yang telah diberikan selama menjadi mitra Pemerintah Kabupaten Bangka.

Baca lagi :  1.422  Keluarga Penerima KPM Beras Cadangan Pemerintah Pusat di Kota Pangkalpinang 

“Semoga amal dan perbuatan baik saudara yang telah tercurahkan selama ini dalam kurun waktu hampir 5 (lima) tahun masa pengabdian saudara untuk kabupaten Bangka menjadi catatan amal baik,serta menjadi warisan peninggalan atau legacy positif,Insya Allah akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda dari Allah SWT,” ungkap Haris.

PJ Bupati Bangka juga memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada DPRD Kabupaten Bangka,khususnya pansus XII dan Pansus XIII yang telah menyelesaikan 2 (dua) Raperda inisiatif DPRD,yaitu Raperda tentang perlindungan dan pelestarian sumber daya ikan di perairan darat dan Raperda tentang penyelesaian sengketa tanah garapan.

“Nantinya kedua Raperda dimaksud akan menjadi dasar hukum bagi Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintah di Kabupaten Bangka,” ringkasnya.

Lebih lanjut di sampaikan oleh Ketua DPRD Bangka terakhir yaitu penyampaian hasil reses yang disampaikan pada hari ini merupakan pelaksanaan reses pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bangka yang dirumuskan dalam bentuk pokok pokok pikiran DPRD, yang tentunya menjadi catatan dan perhatian pemerintah daerah dalam perencanaan program dan kegiatan.

Pemerintah Kabupaten Bangka pada prinsipnya menyambut baik terhadap hasil reses ini, dimana berdasarkan ketentuan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistem informasi Pemerintah Daerah.

” Hasil reses dimaksud akan dimasukkan kedalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang diinput melalui akun masing masing Anggota Dewan yang Terhormat dan diverifikasi oleh Admin SIPD pada sekretariat DPRD, yang pada akhirnya pokok pokok pikiran itu tentunya akan dibahas dalam musyawarah perencanaan pembangunan Daerah Tahun Anggaran 2024 dan apabila memungkinkan akan diakomodir dalam perencanaan program kegiatan tahun anggaran 2025 sesuai kemampuan keuangan Daerah,” tutup ketua DPRD Bangka. (*)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.