Tingkatkan Produktivitas Pertanian, Bupati Bateng Serahkan Bantuan ke Gapoktan 

oleh -530 Dilihat
banner 728x90
WARTAPUBLIK.COM, KOBA – Untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern melalui peningkatan produksi dan produktivitas sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), menyerahkan bantuan sarana pendukung pertanian kepada Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Bangka Tengah. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di halaman kantor DPKP Bangka Tengah pada Kamis (19/10/2023) pagi.

Bantuan yang diserahkan kepada 96 Poktan dan Gapoktan di wilayah Bangka Tengah ini berupa mesin chopper, alat pengelola pupuk organik, pompa air, handtractor, cultivator, kapur pertanian (kaptan/dolomit), kompos, benih padi, dan mulsa, yang diserahkan secara simbolis oleh Algafry Rahman selaku Bupati Bangka Tengah kepada para penerimanya.

“Alhamdulillah hari ini kita menyerahkan bantuan peralatan pertanian kepada 96 Poktan dan Gapoktan. Ini merupakan bentuk apresiasi kita kepada teman-teman petani, khususnya di Bangka Tengah, dengan harapan dapat memberikan semangat kepada para petani walaupun dalam kondisi apapun. Seperti saat ini, meski musim kemarau ataupun hujan, ini merupakan rezeki yang patut disyukuri,” ucap Algafry.

Lebih lanjut Algafry mengatakan bahwa bantuan ini juga sebagai motivasi kepada para petani untuk dapat meningkatkan produktivitas sehingga produksi akan lebih meningkat lagi kedepannya.

“Dalam penyaluran bantuan ini, dana yang dianggarkan sebesar 1,7 miliar rupiah dari APBD dan Dana Insentif Fiskal (DIF) dari Kementrian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan sebesar 10,3 miliar rupiah. Dari Dana Insentif Fiskal itu kita sisihkan untuk para petani agar produktivitas pertanian meningkat guna menekan laju inflasi serta mengurangi angka kemiskinan di Bangka Tengah,” imbuhnya.

Disampaikan Algafry bahwa setelah mendapatkan bantuan ini para Poktan dan Gapoktan akan selalu diawasi oleh para penyuluh. Dirinya juga berharap bantuan ini dapat digunakan sebaik mungkin dan dijaga.

Baca lagi :  Sebanyak 70 Dewan Pengurus Korpri Bateng, Resmi di Kukuhkan

“Teman-teman lapangan yaitu para penyuluh pertanian akan memberikan bimbingan, arahan, dan evaluasi kepada para Poktan dan Gapoktan untuk dapat meningkatkan produktivitasnya. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani Bangka Tengah,” pungkas Algafry.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.