Kwartir Bateng Hadiri Musda Ke V  Gerakan Pramuka di Provinsi Babel

oleh -308 Dilihat
banner 728x90
WARTAPUBLIK.COM,PANGKALPINANG – Suasana khidmat terpancar saat pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) V Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di tengah perwakilan kwarcab maupun kwartir yang mengenakan seragam pramuka lengkap di dalam Ballroom Hotel Grand Safran, Senin (18/12/2023).

Mayor TNI (Purn.) Dr. Bachtiar Utomo selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka saat membuka acara mengatakan bahwa musda ke 5 gerakan pramuka, mengatakan apresiasinya kepada kwarda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang telah menyelenggarakan musda telah taat dalam mengikuti peraturan yang berlaku, sesuai dengan Undang-Undang yang wajib diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.

banner 336x280 banner 468x60

“Saya berharap agar dalam pelaksanaaan musda ini agar Undang-Undang Gerakan Pramuka serta anggaran dasar dan anggraan rumah tangga pramuka dapat menjadi pedoman untuk kita semua,” ujarnya.

Lanjut Bachtiar, terkhusus untuk pemilihan Ketua Kwartir Ia mengingatkan perlu pembagian yang tegas antara tugas dan tanggung jawab kwartir dengan majelis pembimbing di dalam anggaran rumah tangga dalam gerakan pramuka dalam pasal 67 tentang tugas dan tanggung jawab kwartir daerah.

“Pada butir 4 telah disebutkan tugas kwarda juga melakukan hubungan dan konsultasi dengan majelis pembimbing daerah, oleh karena itu saya berharap terdapat garis pemisah yang jelas,” tegasnya.

Dilanjutkannya, bahwa pemilihan Ketua Kwartir juga harus dilaksanakan secara transparan dengan mengikuti norma yang ada dan memprioritaskan musyawarah untuk mufakat. Selain itu, diingatkannya juga bahwa musda bukan hanya beragendakan untuk pemilihan Ketua Kwartir, tetapi ada agenda yang lain juga yaitu penetapan rencana kerja organisasi dan pembahasan rencana kerja karena ini menjadi dasar program kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Eva Algafry selaku Ketua Kwartir Cabang Bangka Tengah saat ditemui mengatakan harapannya agar dengan adanya musda ini dapat memperoleh pemimpin baru yang akan memberikan kejayaan serta semangat baru untuk kemajuan gerakan pramuka di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca lagi :  Safari Ramadhan, Pemkot Pangkalpinang Berikan Bantuan Dana Hibah Masjid Al-Hasanah

“Pertama apresiasi untuk Kakak Melati Selaku Ketua Kwarda Bangka Belitung beserta tim yang sudah luar biasa selama lima tahun kepemimpinannya pramuka di Babel ini sangat maju. Saya berharap agar acara ini sukses sampai selesai dan tentunya dengan semangat dan keceriaan, karena pramuka lekat dengan keceriaan akan tetapi tidak mengurangi rasa hormat dan khidmat,” Ujar Eva

Selain itu, Eva mengatakan bahwa selepas musda ini berbagai program juga telah disiapkan. Salah satunya akan diadakan rapat kerja di kwarcab masing-masing. Eva juga optimis untuk terus berinovasi untuk kegiatan kepramukaan di Bangka Tengah agar Geakan Pramuka di Bangka Tengah semakin maju.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Tamimi selaku Staf Ahli Bidang Perekonomian Pembangunan Keuangan mewakili Bupati Bangka Tengah mengatakan hal yang senada agar hasil musda ini akan melahirkan pemimpin yang sidiq, amanah, tablig dan fatanah, sehingga bisa menjadikan generasi muda Babel lebih baik dari masa ini.

“Semoga dengan adanya musda ini dapat melahirkan pemuda-pemuda yang siap menghadapi tantangan. Gerakan pramuka ini adalah salah satu wadah pembinaan. Semoga dengan adanya  bantuan fasilitas dari pemerintah akan muncul inovasi-inovasi bukan hanya membuat Kabupaten Bangka Tengah semakin unggul akan tetapi semakin maju,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Bhayangkara Tingkat Daerah, Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Bahari Tingkat Daerah, Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Wirakartika Tingkat Daerah, Majelis Pembimbing Satuan Karya Dirgantara Tingkat Daerah Babel, Ketua Kwarda Provinsi Kepulauan Babel, dan tamu undangan lainnya.

* Sumber: Diskominfosta Kabupaten Bangka Tengah

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.