Meningkatkan Kesehatan Peserta Didik, Pemkab Bateng Gelar Gebyar Edukasi UKS/M

oleh -409 Dilihat
banner 728x90
WARTAPUBLIK.COM,PANGKALANBARU– Untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik di Bangka Tengah, Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) Bangka Tengah (Bateng) menggelar Gebyar Edukasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Ballroom Hotel Soll Marina, Selasa (05/03/2024).

Kegiatan gebyar edukasi ini membahas tema Stratifikasi UKS/M dan Remaja Ceria dan diikuti sebanyak 175 peserta yang berasal dari TP-UKS/M kecamatan se-Bateng, Pengelola UKS/M Puskesmas se-Bateng, Guru UKS/M tingkat SD hingga SMA sederajat baik sekolah negeri maupun swasta se-Bateng, dan Dinas Kesehatan Bateng.

banner 336x280

Ketua TP-UKS/M Bateng, Eva Agafry yang menghadiri kegiatan ini mengajak seluruh peserta yang hadir untuk dapat meningkatkan kolaborasi antar unsur terkait untuk menjadikan fungsi UKS berjalan sebagaimana mestinya.

“Teman-teman semua di sini merupakan unsur yang terkait dalam TP UKS/M. Untuk itu, perlu kita tingkatkan kerja sama, saling mendukung serta bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman demi meningkatnya kualitas kesehatan di Kabupaten Bangka Tengah,” ujar Eva dalam sambutannya.

Ia juga berharap kegiatan ini mampu memompa semangat para pengurus UKS/M dalam membantu pemerintah sebagai upaya membangun kesehatan masyarakat dengan menanamkan kebiasaan dan budaya sehat sejak dini pada anak sekolah.

“Melalui kegiatan ini kita tentu berharap pengurus UKS/M di sekolah khususnya dapat melakukan penilaian terhadap UKS-nya masing-masing. Lalu melakukan inovasi dan kreasi dalam membuat program untuk memajukan kegiatan UKS/M agar memberikan hasil nyata bagi kesehatan anak-anak di sekolah,” ucapnya.

Eva juga menekankan pentingnya pengawasan dan edukasi sejak dini kepada para anak sekolah terkait kebutuhan dan asupan gizi bagi anak-anak di sekolah agar tercipta pola hidup sehat pada anak.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang menyempatkan hadir pada kegiatan ini memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan UKS/M yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

Baca lagi :  Belum lama di Kerjakan, Pembangunan Box Culvert di Desa C2 Sudah Berlobang

“Ini adalah upaya kita bersama dalam membangun kesehatan yang baik di masyarakat. Peran awal semua tentu dari sekolah karena kita menanamkan kebiasaan baik sejak dini di sekolah. Kami selaku pemerintah akan mendukung kegiatan dan inovasi terkait UKS/M yang dapat menghasilkan anak-anak sehat,” kata Algafry.

Bupati berharap para peserta dapat mendapatkan pengalaman dan ilmu baru dalam mengembangkan UKS/M di tempat masing-masing setelah dilaksanakannya Gebyar Edukasi ini.

Diketahui, kegiatan ini mengundang Yuni Sugiarti, selaku narasumber yang berasal dari TP-UKS/M Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.*

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.