Bupati Algafry Apresiasi ke Kelompok BLA Panen Perdana Sekitar 700 Kg Udang Vaname 

oleh -456 Dilihat
banner 728x90
WARTAPUBLIK.COM, KOBA – Udang vaname adalah salah satu varietas udang dengan rasa yang lezat. Selain sebagai sumber protein dan omega 3 dan 6, udang vaname juga kaya akan kalsium, potassium, dan fosfor. Uniknya, walau aslinya adalah udang laut, udang vaname juga bisa ditambakkan di kolam air payau dengan daya tahan tubuh yang kuat di kisaran salinitas yang luas, udang ini sangat berpotensi untuk dapat ditambakkan di air tawar maupun payau, dengan lokasi dataran rendah hingga sedang sehingga sangat berpotensi untuk dibudidayakan.

Kelompok masyarakat pembudidaya udang vaname Bepanen Lanjut Agik (BLA)http://Kelompok BLA Panen Perdana Sekitar 700 Kg Udang Vaname, Algafry: Segera Ambil Peluang Usaha Ini Desa Terentang lll, Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang merupakan binaan Pemkab Bateng melalui Dinas Perikanan, sukses melakukan panen perdana sebanyak kurang lebih 700 kilogram udang vaname.

banner 336x280 banner 468x60

Panen perdana kali ini dilakukan bersama Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Desa Terentang lll Sabtu (09/03/2024) pagi.

Ia mengapresiasi keberhasilan Budidaya udang vaname di Desa Terentang lll melalui kerja sama kelompok BLA yang merupakan binaan Dinas Perikanan.

“Saya sangat bersyukur sekali setelah dalam kurun waktu dua bulan lebih, atau sekitar 65 hari, BLA Desa Terentang lll sudah bisa memanen udang vaname. Terlebih jika dilihat dari perbandingan jumlah pakan yang diberikan tidak sebanyak dengan tambak udang lainnya, dan perkembangan udang vaname yang dihasilkan cukup memuaskan,” ucap Algafry.

Ia pun mengajak masyarakat Bateng lainnya untuk turut serta mengambil peluang usaha ini sehingga menjadi salah satu alternatif usaha masyarakat yang bisa diandalkan dalam peningkatan ekonomi.

Baca lagi :  Diduga Kades Tanjung Pura Tidak Tahu Hutan Bakau Desa Dirambah Oleh Oknum,Warga Akan Laporkan

“Saya ingin berpesan kepada masyarakat untuk tidak takut mengambil peluang usaha ini, karena terbukti kawan-kawan kita di kelompok BLA Desa Terentang lll yang sebelumnya memulai dari nol dan perlu dibina Dinas Perikanan bisa sukses memanen udang vaname dengan hasil yang memuaskan. Ini salah satu bukti dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya,” ujar Bang Ayi sapaan akrab bupati.

Saat ditemui, H. Isroni selaku Ketua Kelompok BLA Desa Terentang lll mengatakan panen perdana udang vaname kali ini hasilnya sangat memuaskan dan pihak dari perusahaan ekspor udang sudah menghubunginya.

“Dengan hasil panen udang vaname ini kami sangat menyambut baik dan bersyukur atas hasil yang luar biasa. Kami sangat bersyukur sekali hasil panen ini sudah ada pembelinya. Untuk harga, udang kita dihargai kurang lebih Rp 45.000,00 perkilogram,” jelasnya.

Dengan harga itu, menurut H. Isroni, mereka bisa mendapatkan keuntungan lumayan dan setelah dipanen semua, mereka akan menambah satu tendon kolam lagi untuk dioperasikan.

H. Isroni juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pendampingan Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan selama budidaya udang vaname di Desa Terentang lll.

“Kami memulai ini dari nol dan awam mengenai ilmu ini. Namun atas pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah akhirnya kami mengerti dan memahami cara budidaya udang vaname dan mampu memanen dengan hasil yang sangat memuaskan,” kisahnya.*

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.