Tradisi Nganggung Ruwahan Masyarakat Cambai Selatan Tampak Seru dan Kompak 

oleh -549 Dilihat
banner 728x90

WARTAPUBLIK.COM, Bangka Tengah – Aktivitas budaya atau tradisi  yang dilakukan oleh masyarakat setiap daerah di bulan Sya’ban atau Ruwah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan bermacam-macam cara unik.

Tradisi Ruwahan sendiri sebenarnya ada diberbagai daerah di Indonesia. Namun, tiap wilayah memiliki ciri khas masing-masing dalam menjalankan giat tersebut.

Salah satu contoh Tradisi Nganggung di pulau Bangka yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat yaitu di Desa Cambai Selatan Kecamatan Naman Kabupaten Bangka Tengah tepatnya di Mushola Al-Amin dengan antusias dan kompak.

Kegiatan Ruwahan tersebut diikuti oleh berbagai unsur kalangan masyarakat itu sendiri dengan membawa dulang atau rantang yang diisi berbagai menu masakan dari masing-masing warga.

Kepala Desa Cambai Selatan Muharam dalam sambutannya mengingatkan keseluruhan yang hadir bahwa umur kian bertambah agar kita senantiasa melaksanakan perintah dan larangannya Alloh SWT.

” Diantara kita dan warga yang kemarin menjalankan puasa sunah mudah – mudahan segala amal ibadah di terima aamiin,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Muharam dalam menyambut bulan Ruwah atau Sya’ ban kita semua rukun dan kompak dengan tradisi nganggung di mushola ini.

” Saya berpesan selesai nganggung ini, langsung pulang kerumah menjalankan aktivitas seperti biasa dan tidak usah ikut merayakan yang lebih jauh, Kerena apa utamakan keselamatan sebab saat ini begitu ramainya pengendara baik sepada motor atau mobil yang melintas di jalan saat ini,” ujar Muharam, Senen (26/02).

Dan acara dilanjutkan dengan bacaan doa selamat yang dipimpin langsung oleh Imam Yamidi

Setelah dilaksanakan doa bersama,
Warga dipersilahkan untuk menikmati makanan ala kampung dari berbagai jenis olahan makanan seperti  opor ayam ,  rendang ayam, rendang daging, telor rebus, ikan lempah kuning, ketupat, nasi, dan buah buahan seperti anggur, durian, jeruk serta duku.

Baca lagi :  Semarak HUT Kemerdekaan RI ke 78 , Animo Masyarakat Desa Cambai Selatan Cukup Tinggi

Situasi nganggung yang digelar saat ini sungguh luar biasa antusias masyarakat cukup tinggi dan warga saling memilih atau tukar menu makan sehingga tampak rukun.

Diakhir acara warga berkemas mencari tempat makanan masing – masing sambil tersenyum dan tertawa sebab tempat makanan ada yang tertukar pokoknya seru, asik dan lucu. ( Hary)

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *